Psiko Test  adalah syarat harus bagi anda yang ingin melamar di suatu perusahaan, dan inilah tips untuk anda supaya berhasil menjawab semua soal psikotes.

Cara Mengerjakan Soal Psikotes

  1. Istirahatkan badanmu sebelum mengerjakan psikotes. Ingat jangan begadang, ya! Pagi hari sebelum tes, usahakan makan sarapanmu agar lapar tak mengganggu daya fokus dan konsentrasimu. Intinya sih, kamu harus sehat fisik dan mental 100% ketika menjalani psikotes nanti. Fisik dan mental merupakan modal utama kamu untuk mengerjakan soal psikotes yang sangat menguras tenaga.
  2. Biasakan dari sedini mungkin untuk melatih otak. Caranya ialah menjawab soal psikotes dengan banyak berlatih menjawab contoh soal psikotes. Sekarang sudah banyak beredar di internet dan juga buku yang banyak juga dijual di toko buku. Lakukan tes menjawab soal psikotes beberapa hari sebelum mengerjakan soal psikotes yang sebenarnya.
  3. Bertanya pada teman yang pernah mengikuti psikotes. Kamu perlu bertanya pada teman yang pernah mengikuti psikotes agar kita tahu bagaimana gambaran tes ini sebenarnya. Menjawab soal psikotes untuk pertama kalinya tanpa ada bayangan apapun pasti akan membuatmu makin pusing. Jadi, segera cari teman kamu yang berpengalaman menjawab soal-soal psikotes.
  4. Baca dan dengarkan dengan seksama perintah atau instruksi setiap soal. Saat menjawab soal psikotes, jangan coba-coba mengabaikan instruksi yang ada sebab jawaban sangat bergantung pada instruksi atau perintahnya. Contoh, ketika soal drawing (menggambar), jika ada perintah JANGAN menggambar kelapa atau beringin, ya jangan coba-coba menggambar kedua pohon tersebut walaupun kamu fans berat pohon kelapa dan pohon beringin ?
  5. Tuliskan namamu dengan JELAS dan PAS di kolom nama. Hal ini agar hasil tes tak tertukar dengan milik orang lain. Beberapa kejadian kadang ada orang yang terlalu semangat hingga lupa menulis nama sendiri. Kan, parah. Kalau ini sampai terjadi perjuanganmu untuk melamar pekerjaan jadi sia-sia. Lakukan hal ini pertama kali setelah kamu membaca doa.
  6. Selalu perhatikan waktu pengerjaan sebab psikotes. Umumnya soal psikotes dibatasi tenggat waktu tertentu per sub bagian soalnya. Jangan sampai terlambat dan juga terburu-buru. Kerjakan secara proporsional. Jika mampu, jawablah semua soal psikotes yang ada.
  7. Ulangi dan lihat-lihat soal sebelumnya siapa tahu ada yang butuh dikoreksi. Jika ternyata masih tersisa waktu luang dan semua soal terjawab. Namun, hal ini hanya bisa dilakukan pada psikotes manual, tidak pada psikotes sistem komputer.