Menjaga daya ingat dengan gerakan yoga

Menjaga daya ingat dengan gerakan yoga

Ingatan atau memori adalah sebuah fungsi dari kognisi yang melibatkan otak dalam pengambilan informasi. Ingatan banyak dipelajari dalam psikologi kognitif dan ilmu saraf.

Statistik menunjukkan 14% anak muda di dunia yang berusa 18-39 tahun sudah mengalami penurunan fungsi otak. Untungnya, ada serangkaian latihan sederhana dengan gerakan Yoga yang dapat membantu mengatasi masalah ini.

Senam otak adalah serangkaian gerakan tubuh yang mampu menjaga kesehatan mental dan fungsi kognitif Anda. Gerakan tubuh memang sangat berpengaruh pada aktivitas otak. Dengan rutin melakukan senam otak, Anda bisa menyerap informasi lebih cepat, meningkatkan kemampuan belajar, mengasah refleks dan koordinasi tubuh, mempertajam daya ingat dan konsentrasi, serta menyeimbangkan tubuh dan pikiran. Senam otak juga bisa membantu mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati Anda.

Seiring berjalannya waktu senam otak menjadi semakin populer. Saat ini, siapa pun bisa dan sangat dianjurkan melakukan senam otak, mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia. Beberapa instruktur juga kerap menjadwalkan senam otak untuk siswa-siswi penyandang disabilitas di sekolah luar biasa.

Ada beberapa gerakan dasar yang dapat anda praktekan di rumah untuk menjaga daya ingat dengan senam yoga atau gerakan yoga yaitu:

1. Buka kedua kaki Anda hingga selebar bahu. Angkat lutut kanan Anda sampai bersentuhan dengan siku kiri. Miringkan sedikit kepala dan bahu kiri Anda ke arah kanan sambil melakukan gerakan ini. Kemudian, ganti dengan sisi lainnya. Pertahankan gerakan ini sampai kira-kira 30 detik untuk setiap posisi.

2. Anda bisa membuat simbol tersebut di udara menggunakan jari-jari Anda. Mulailah dari titik di pusat kedua lingkaran tersebut dan buat lingkaran di kanan dulu, baru kiri. Selama kira-kira 30 detik, gambar simbol tersebut menggunakan tangan Anda yang dominan. Lalu, ganti dengan tangan Anda yang tidak dominan dan gambarlah selama 30 detik.

3. Berdirilah dengan tegak dan nyaman. Jalin kedua tangan Anda di depan dada secara menyilang. Pastikan kedua pergelangan kaki Anda saling menyilang, dengan posisi pergelangan kaki kiri di depan pergelangan kaki kanan. Pertahankan posisi ini sambil menutup mata dan menarik napas dalam selama yang Anda mampu. Hembuskan napas lewat mulut perlahan-lahan.

4. Posisikan telapak tangan kanan di atas kepala dan telapak tangan kiri di atas perut. Lakukan gerakan tangan kanan menepuk rambut, sedangkan tangan kiri melakukan gerakan memutar di atas perut secara bersamaan selama beberapa waktu. Lakukan bergantian dan usahakan semakin lama gerakan semakin cepat.