Meditasi meningkatkan kinerja otak

Meditasi meningkatkan kinerja otak

Menambah kemampuan kinerja otak tidak hanya bisa dilakukan dengan belajar dan mengasah kemampuan otak. Meningkatkan kecerdasan otak juga bisa dilakukan dengan meditasi. Cara ini meningkatkan kecerdasan otak dengan meditasi merupakan cara tradisional yang telah lama digunakan.

Meditasi merupakan praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari. Makna harfiah meditasi adalah kegiatan mengunyah-unyah atau membolak-balik dalam pikiran, memikirkan, merenungkan. Arti definisinya, meditasi adalah kegiatan mental terstruktur, dilakukan selama jangka waktu tertentu, untuk menganalisis, menarik kesimpulan, dan mengambil langkah-langkah lebih lanjut untuk menyikapi, menentukan tindakan atau penyelesaian masalah pribadi, hidup, dan perilaku.

Lewat meditasi dapat membantu otak terus tumbuh meski usia bertambah. Dampak meditasi yang bisa mengurangi stres pun diprediksi peneliti turut berdampak terhadap kesehatan otak. Aktivitas ini, sebaiknya dilakukan oleh mereka yang sering melakukan beragam aktivitas dalam waktu bersamaan. Karena meditasi mampu melatih kesabaran dan ketenangan jiwa.

Meditasi diindentikkan dengan hening, diam, tidak ada gerakan, tidak ada ambisi, mata terpejam, dan lain-lain. Para praktisi psikologi menyatakan bahwa tidur merupakan proses psikologi yang tidak mungkin dikurangi atau ditambah menurut kehendak kita.

Melalui alat pemindai MRI diperlihatkan bahwa meditasi meningkatkan bagian otak yang berkaitan dengan pemikiran dan perasaan, meningkatkan rangsangan pada syaraf-syaraf otak serta meningkatkan memori dan kemampuan dalam mengontrol emosi.

Prof. Jim Lagopoulos, mengatakan bahwa dengan meditasi akan terjadi perubahan aktivitas otak listrik selama seorang ahli melakukan meditasi. Dengan alat yang bernama EEG ( electroencephalography ) dapat di identifikasi pada Otak, gelombang apa saja yang terbentuk selama melakukan meditasi selama 30 Menit. Alat tersebut menunjukan kecepatan listrik pada gelombang otak yang sangat lambat ( beta, alfa, teta, delta ) yang memberikan indikasi yang baik dari aktivitas otak.

Meditasi akan sangat efektif bila dilakukan secara teratur. Meditasi setiap 10 menit sehari dapat memberikan manfaat yang signifikan dan perubahannya dapat Anda rasakan dalam jangka waktu yang cukup singkat.

Yang perlu Anda lakukan adalah duduk di tempat yang tenang dan dalam posisi yang nyaman. Kemudian tarik napas perlahan-lahan dan tahan hingga beberapa detik kemudian lepaskan. Inti dari gerakan meditasi adalah merasakan napas Anda sendiri.